Minggu, 05 Februari 2012

Bersama Ksulitan Ada Kemudahan



Saya tidak pernah diajarkan untuk mengeluh terhadap semua yang Allah takdirkan pada saya. Memang tidak boleh. Akan tetapi, perjalanan panjang yang kita lalui tidak selalu mulus seperti apa yang kita harapkan. Banyak coba dan rintangan yang akan senantiasa menyertainya. Tapi jangan khawatir, ada Allah yang senantiasa membersamai. Laa yukallifullahu nafsan illa wus’aha.

Dan selalu, beban yang kita hadapi kini memang menuntut untuk tetap tegar ditengah himpitan problema, menuntut kita untuk tetap tersenyum dikala gelisah mulai melanda, tetap kokoh walau badai mulai menerjang, walau tak sekuat karang yang selalu tegar diterjang gelombang. Ingatlah, bahwa Allah akan menepati janjiNya. –Muhammad:7-

Semakin tinggi pohon, semakin tinggi pula angin yang berhembus. Begitulah kira-kira kata pepatah. Ya, Allah akan senantiasa menguji hambaNya, sesuai kemampuan hambaNya. Ujian, bukan Allah tidak sayang pada hambaNya, justru karena Allah sangat menyayangi hambaNya.

-dapat wisdom dari seorang Guru- begini bunyinya,
Seorang hamba mengeluhkan, “Kenapa hidup serasa berat?”
Tenanglah dia dengan firman Allah SWT (QS 2:286), “Allah tidak membebani seorang hamba melainkan sesuai kesanggupan hambaNya.”

Gerutu dia, “Nyatanya, dimana Allah SWT saat ada kesulitan?”
Terhennyak dia merenungi QS 2:186 “Sesungguhnya Aku dekat, Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila dia berdo’a kepada-Ku”

Tapi..
Hamba tadi masih meragukan karena kenyatan yang ia hadapi. Dia jadi tenang dan tersenyum bahagia mendapat QS 94:5-6, “Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan: :)

0 komentar: