Minggu, 14 Oktober 2018

Tips Menjaga Asupan Bumil Saat Emesis



Dikaruniai calon buah hati adalah anugerah yang tak terkira. Oleh karenanya, sudah pasti sebagai calon ibu akan berusaha memberikan asupan terbaik untuk calon buah hati. Namun, kadangkala terdapat kendala yang membuat kehamilan terganggu karena emesis, terlebih di trimester pertama. Mual dan muntah sudah menjadi hal yang biasa dihadapi oleh ibu hamil, hingga terkadang membuat ibu hamil tidak ‘doyan’ makan. Walau begitu, ibu hamil harus berjuang untuk tetap memberikan asupan untuk calon buah hati.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi emesis :

1. Banyak makan buah-buahan dan sayuran. Sayur dan buah membantu proses metabolisme tubuh agar lebih stabil sehingga mampu mengurangi mual muntah.
2. Makan makanan yg disukai, sedikit tapi sering. Porsi sedikit membuat sensasi pada lambung tidak terasa penuh. Makan lebih sering agar mengurangi meningkatnya asam lambung.
3. Minum air Alkali, yang bersifat basa agar menetralisir keasaman
4. Kalau minum susu pilih yang khusus mual muntah
5. Makan kurma/sari kurma. Kurma terkenal dengan manfaatnya. Mengkonsumsi kurma bisa menambah asupan energi bagi ibu hamil yang sedang emesis disertai lemas.
6. Minum suplemen anjuran dokter
7. Kalau sampai hiper, minta obat anti mual dari dokter
8. Memohon kekuatan sama Allah Swt, karena yang memberikan kekuatan adalah Allah Swt, berpositif thinking bahwa proses kehamilan ini adalah suatu kenikmatan akan membuat ibu hamil dnegan emesis akan lebih semangat.

Demikian beberapa tips mengatasi emesis/mual muntah saat hamil. Semoga bermanfaat.



_Siti Aminah Yendy_

0 komentar: