Rabu, 31 Oktober 2018

Bikin Cushion Cover Ternyata Mudah

Akhirnya punya mesin jahit idaman. Alhamdulillah. Walau size nya mini dan fiturnya gak selengkap mesin jahit yang biasa, tapi lumayan bisa untuk belajar menjahit. Pengen punya mesin jahit ini sudah sejak lama, tapi baru keturutan sekarang. Dan ternyata aku merasakan ada perasaan berbinar saat aku mengoperasikan mesin jahit itu. Bakalan jadi me-time favorit nih!

Baiklah, sudah gak sabar bebikinan, pengen make over ini itu. Project pertama adalah membuat pashmina instan. Alhamdulillah, berhasil mengubah 2 pashmina menjadi pashmina instan. Walaupun jahitannya masih belum rapi.


Project berikutnya aku bikin sarung bantal sofa, karena sarung bantal dirumah sudah lumayan buluk. Langkah pertama aku membeli bahan. Aku membeli kain katun sprei yang lebarnya 240 cm, jadi aku cukup membeli bahan 1 meter saja. Belinya dimana? Di Shopee, harganya Rp 38.000/meter. Murah kah?

Polanya gimana? Aku gak pake kertas atau koran untuk membuat pola. Tapi membuat sketsa diotakku, hahaha. Setelah bikin pola di otak, aku coba mencontek sarung bantal sofa yang ada.
✅ 1 meter kain yang lebarnya 240 m ini bisa jadi 5 cushion cover. Ukurannya masing-masing, panjang 90 cm dan lebarnya 42 cm.
✅ aku membuat pola yang sederhana, gak pakai resleting.
✅ setelah mengukur dan memotong kain, jahit kelim pinggiran kain. Karena gak bisa ngobras, jadi cuma dikelim
✅ terus satukan deh kainnya, jahit pinggirnya. Oiya, karena gak pake resleting, aku pakai model amplop, jadi ada lebihan kain sebagai pengunci sarung bantal.

Alhamdulillah

0 komentar: