Selasa, 12 Februari 2013

COKLAT CERIA BERSAMA ADIK-ADIK SDN TEMBELANG KECAMATAN CANDIMULYO – MAGELANG



Tembelang (18/1), Sorak sorai suara anak-anak kelas 3 dan 4 SD Negeri Tembelang saat kami TIM KKN PPM Desa Tembelang yang digawangi Broto Dhegdo Haris Pranoto ini memasuki ruang kelas. Hari Jumat merupakan jadwal latihan pramuka untuk persiapan Pesta Siaga yang diadakan oleh Kwartir Ranting Candimulyo Kota Magelang Jawa Tengah. SD Negeri Tembelang mengirimkan 2 (dua) Barung yang terdiri 1 (satu) Barung putra dan 1 (satu) Barung putri, dimana setiap barung terdiri dari 10 (sepuluh) orang anggota siaga yang dipimpin oleh Pimpinan Barung (Pinrung).
Kami selaku Tim KKN PPM UNDIP diminta untuk membantu pelaksanaan persiapan Pesta Siaga. Tim Pesta Siaga SD Negeri Tembelang yang didampingi oleh seorang Pembina pramuka yang akrab disapa Bu Vita ini rencananya akan diberangkatkan pada tanggal 16 Februari 2013 di Lapangan Kecamatan Candimulyo. Latihan kali ini diawali dengan perkenalan dengan TIM KKN PPM Undip, dilanjutkan Bina Suasana oleh Siti Aminah Yendy disambung dengan games ringan untuk mencairkan suasana. Materi yang disampaikan diambil dari muatan materi Pesta Siaga diantaranya pengenalan seragam pramuka dan kelengkapannya yang disampaikan oleh Siti Aminah Yendy. Materi berikutnya disampaikan luar ruangan dengan konsep POS yang diawali dengan permainan pembagian kelompok.
Pos 1 Pembelajaran PBB dasar yang diisi oleh Broto Dhegdo H.P dan Steven.
Pos 2 yaitu Pengetahuan umum yang diisi oleh Liroven Atra dan Muhammad Azka.
Pos 3 yaitu Pesan Berantai atau komunikata yang diisi oleh Shita dan Marlida.
Pos 4 yaitu Bacaan doa-doa yang diisi oleh Siti Aminah Yendy.
Kehadiran kami disambut dengan antusias yang tinggi oleh guru dan siswa di SDN Tembelang, dengan harapan apa telah dilakukan dapat memberikan manfaat bagi siswa, sekolah maupun mahasiswa KKN. (jend)

0 komentar: