Minggu, 28 Mei 2017

Menjadi Kebanggaan Keluarga


Menjadi kebanggaan keluarga adalah satu indikator utama keberhasilan seorang Ibu Profesional. Karena anak-anak dan suami kitalah yang paling berhak pertama kali mendapatkan ibu dan istri terbaik di mata mereka. Ya, menjadi istri dan ibu yang baik menurut mereka. Nice homework 2 kali ini tentang bagaimana menjadi ibu professional. Dan untuk menjadi Ibu professional dibutuhkan semacam indikator keberhasilan. Kali ini saya meminta suami saya untuk menuliskan kriteria/indikator istri yang membuatnya bahagia. Saya mengira bahwa suami saya akan menuliskan hal-hal yang kurang dari saya sebagai istrinya. Namun saya salah, setelah saya Tanya dari sekian indikator yang beliau buat, berapa persenkah capaian saya sebagai istri beliau, beliau menjawab “Mamas nulis apa yang ada di Dedek”. Jawaban ini membuat saya meleleh seketika. Hihi. Eits tapi jangan senang dulu, dari sekian indikator yang suami saya buat itu, masih sangat banyak yang belum bisa saya lakukan. Dengan adanya tugas kali ini membuat saya sadar bahwa harus segera berbenah, sebagai individu, sebagai istri dan sebagai ibu.
Checklist Indikator Ibu Profesional
Sebagai Individu
No
Indikator
Frekuensi
1
Rutin menjalankan sholat 5 waktu tanpa telat
5x sehari
2
Membaca Al Qur’an 1 hari 1 juz
1x sehari
3
Sholat Dhuha
Setiap hari
4
Sholat Tahajud
Min 3x seminggu
5
Membaca Buku tentang parenting
Min 1x seminggu
6
Mengurangi penggunaan gadget
Minimal 5 jam sehari penggunaan
7
Membaca dzikir pagi dan petang
Minimal 2x sehari
8
Olahraga minimal stretching
3x seminggu
9
Belajar resep baru
1x seminggu
10
Puasa senin kamis
Minimal 3x sebulan
Sebagai Istri
1
Menyambut suami pulang kerja dengan senyuman
Setiap hari
2
Dandan dan berpakaian yang menarik saat suami dirumah
Minimal 5x seminggu
3
Membuat masakan dengan penuh cinta
Setiap hari
4
Membuat masakan resep baru
Minimal seminggu sekali
5
Memijat suami
Minimal 3 kali seminggu
6
Berpelukan 20 detik setiap hari
Setiap hari
7
Mencium tangan suami ketika berangkat dan pulang kerja
Setiap hari
8
Membantu mengerjakan tugas kuliah suami
Minimal 3x sebulan
9
Mencuci dan menyetrika baju suami
2x seminggu
10
Mengurus dan membersihkan rumah
Setiap hari
Sebagai Ibu
1
Memberikan asupan nutrisi yang baik untuk anak dengan memberikan ASI tiap 2 jam
Setiap hari
2
Menemani anak bermain
Setiap hari
3
Membuatkan permainan baru
Seminggu sekali
4
Memperdengarkan Ayat suci Alquran
Setiap hari
5
Mengajak berdzikir
Setiap hari
6
Membiasakan berdoa dalam setiap aktivitas
Setiap hari
7
Mencari referensi tentang pengasuhan anak, join grup parenting dll
insidental
8
Belajar tentang MPASI
Setiap hari
9
Mencuci baju anak
Setiap hari
10
Menggendong/memeluk anak sebelum tidur
Setiap hari
11
Mendongengkan anak
Setiap hari

Inilah beberapa indikator yang saya buat, semoga bisa membuat suami dan anak saya merasa bahagia dibersamai oleh saya.
Sedangkan, ini indikator yang dibuat oleh suami saya :

Depok, 29 Mei 2017
#Nicehomework2IIP4

0 komentar: