Minggu, 28 Mei 2017

TIPS MPASI GEMBIRA

MPASI (Makanan Pendamping ASI) apaan sih?
Mpasi berarti pemberian makanan lain sebagai pendamping ASI. Secara bertahap diharapkan nantinya dapat makan seperti anggota keluarga lain makan. Dalam waktu 2th ASI akan sepenuhnya digantikan oleh makanan keluarga. 

Gimana metodenya?
Kami merekomendasikan spoon feeding mengacu pada WHO. 

Kapan diberikan? Apa tanda bayi siap mendapatkan makanan padat?
Makanan pendamping ASI dapat mulai diberikan jika bayi sudah menunjukkan tanda siap makan, kebanyakan bayi normal menunjukkan tanda–tanda siap makan pada usia 6 bulan. Tanda bayi siap makan, yaitu kepala sudah tegak, duduk dengan bantuan, refleks menjulurkan lidah berkurang, tertarik melihat orang makan, mencoba meraih makanan, dan membuka mulut jika disodori sendok/makanan.


Bagaimanakah MPASI yg baik?
Yang padat energi, protein, dan mikronutrien (zat besi, zinc, kalsium, vit A, vit C, dan asam folat), bersih dan aman dari berbagai organisme, bahan kimia, toksin berbahaya, tanpa tulang atau bahan makanan keras lain yg dapat menyebabkan tersedak, not too peppery, not too salty, mudah dimakan oleh anak anak, tersedia di tempat tinggalnya serta mudah untuk disiapkan. 

Untuk mudahnya, kita ingat dengan 4 *, udah terkenal banget kan ya mpasi 4*, coba aja ketik di instagram pakai hashtag #mpasi4bintang pasti langsung deh tuh keluar bejibun resep-resep. Tapi biar afdol kita jabarin dikit yaaa ☺

⭐ karbo/bahan makanan pokok: nasi putih, nasi merah, bihun, singkong, ketan, ubi, kentang, oat, pasta, jagung kering, dll
⭐ protein hewani (prohe): Ikan, ayam, daging, telur, udang, hati, keju, dll
⭐ kacang-kacangan/protein nabati (pronab) : Tahu, tempe, kacang tanah, kc. Merah, kc.kedelai, kc.hijau, edamame, kecambah, buncis, dll
⭐ sayur/buah : Bayam, wortel, kc.panjang brokoli, pakcoy, sawi, labu siam, jagung manis, dll. Pepaya, apel, mangga, jambu, nanas, pisang, alpukat, dll

➕ tambahan minyak: Minyak sayur, margarin, butter, dll. 

4* ini sebaiknya ada di setiap waktu makan. Karena tidak ada makanan "dewa" yg memenuhi semua nutrisi yg dibutuhkan anak, sebaiknya bahan makanan divariasikan setiap hari. Jadi, walaupun bayam, hati, wortel bagus, bukan berarti harus dikasih setiap hari 😀

Perhatikan kebersihan saat mulai masak. Bersihkan bahan makanan dan gunakan talenan berbeda antara daging mentah dgn bahan makanan yg langsung makan. Jgn lupa cuci tangan saat mau menyuapi makan dan juga tangan anak

Apa  saja tips pemberian MPASI pada anak?
❤Buat jadwal makan teratur.
❤Pengenalan makanan membutuhkan setidaknya 10-15 kali mencoba.
❤Jangan memaksa anak makan.
❤Perhatikan tanda lapar dan kenyang.
❤Kebersihan dalam mengolah, menyiapkan dan memberikan MPASI sangat penting

Gimana aja tips persiapan dan pengolahannya?

1. Bikin list belanja untuk untuk masak keluarga yang dibutuhkan sesuai kebiasaan belanja. Ingat, mpasi itu persiapan agar si anak nantinya bisa makan bareng dgn keluarga, bukan dgn menu spesial, iya kan? Bisa dilakukan seminggu sekali. 

Karena kita mengacu WHO jadi mudah lho kalo mau masak, yg penting pastikan aja semua bintang dari 4 bintang sudah terpenuhi, jadi belanja pun yg penting ada 4 bintang.

2. Belilah bahan-bahan makanan yang berasal dari lokal. Ga perlu ribet cari-cari yg ga ada, misalnya di tempat saya ga ada brokoli ya ga usah ngotot harus ada brokoli di menu makanan. Ganti dengan bahan makanan lain yg melimpah di tempat emak-emak masing-masing, contohnya di sini melimpah dgn berbagai macam labu-labuan, jagung manis, sukun, singkong, pisang, dll. 

Contoh lainnya masalah minyak, misal di resep dicantumkan minyak memakai olive oil. Tapi kalo di rumah yg ada minyak sawit ya ga masalah pakai saja yg ada, yg penting selalu pakai minyak baru.

3. Bersihkan sayuran segera setelah berbelanja, di bawah air mengalir. 

Buat frozen food jika dibutuhkan. Frozen food bisa berupa makanan tunggal yg belum diolah menjadi satu macam "dish" tapi bisa juga sudah berupa "dish".

Caranya:
🌿Misalnya, untuk kacang merah, kacang hijau yg akan digunakan sebagai salah satu bintang, cuci bersih, buang kotoran yg mengambang, tiriskan. Rendam semalaman agar lebih cepat empuk waktu memasaknya. Jangan buang air bekas rendamannya, air dipakai langsung untuk merebus. Esok harinya tinggal rebus sampai empuk, tiriskan, siram air es untuk mencegah pemasakan lebih lanjut, lalu bungkus di plastik ziplock kecil per porsi masak, simpan di wadah berpenutup yg bisa dipakai di freezer (bisa juga pakai plastik asip), bekukan. Kalau mau pakai besok tinggal turunkan malam sebelum dimasak di kulkas bagian bawah. Jadi ga perlu lagi rebus kacang tiap mau pakai. Lebih menghemat waktu kan? 

🌿Untuk sayuran seperti wortel, kentang, buncis, jagung, labu siam, terong, langsung cuci bersih di air yg mengalir, lalu keringkan, agar tidak mudah busuk. Lalu bungkus dalam kertas bersih/ paper towel atau masukkan ke dalam plastik yang berlubang atau wadah khusus untuk menyimpan sayuran. Simpan di rak tempat sayur di kulkas bawah. Jika sayuran dibeli dalam kondisi bersih, dapat langsung disimpan di laci sayuran di lemari es. 

🌿 Untuk sayuran seperti brokoli, kol, kembang kol perlu direndem di air yang diberi garam agar ulat yang ngumpet langsung muncul. Diamkan sekitar 10 menit baru bersihkan dengan air mengalir. 

🌿Tahu dan tempe
Tempe tidak perlu dibersihkan, begitu beli langsung masuk kulkas aja. Kalau tahu, rebus di air mendidih tanpa garam sebentar, siram air es. Jika sudah benar-benar dicuci dulu di air mengalir, tapi jika bersih langsung ke tahap dikukus sekitar 10 menit untuk mencegah pembiakan bakteri. Lalu siram air es. Potong- potong dan bagi per porsi masak, masukkan ke plastik ziplock, masukkan lagi ke wadah bertutup yg didesain untuk disimpan di freezer atau boleh memakai plastik asip

🐔🐓🐮Untuk protein hewani 
Daging sapi, daging ayam, hati ayam, begitu sampai di rumah harus langsung masuk di kulkas. Jika kotor boleh dicuci dulu di air mengalir, tapi jika bersih langsung simpan di kulkas dalam plastik yg didesain untuk menyimpan di kulkas, buat vacuum, keluarkan udara yg ada di dalamnya sampai seminim mungkin. Bisa bertahan 2 hari di kulkas bawah. Jika ingin menyimpan lebih lama, dikukus dulu sekitar 10 menit, lalu siram air es. Potong- potong dan bagi per porsi masak, masukkan ke plastik ziplock, masukkan lagi ke wadah bertutup yg didesain untuk disimpan di freezer atau boleh memakai plastik asip. 

Baik mentah maupun matang sebaiknya simpan per porsi agar tidak dibuka tutup berulang kali yg sudah dalam keadaan beku.

🐠🐟 Ikan dan seafood lainnya, cuci bersih di air yg mengalir, lumuri jeruk nipis/lemon dan garam, diamkan 5-10 menit, bilas, lalu simpan sama seperti menyimpan daging tadi. 

Telur 
Pilih telur yg bersih dan tidak retak di luarnya. Simpan dengan kartonnya di dalam kulkas di bagian utama kulkas, bukan di pintu kulkas. Gunakan dalam waktu 2-5 minggu (sudah termasuk perkiraan dari peternakan dan distributornya).   

FROZEN FOOD 

Frozen food adalah salah satu metode penyimpanan bahan makanan maupun makanan yg sudah dimasak. Yaitu dengan membuatnya beku di dalam suhu freezer agar lebih tahan lama. Untuk menyimpan MPASI caranya bisa dengan metode ice cube tray, yaitu dengan mengukus atau merebus bahan makanan, lalu menghaluskannya (bisa dengan garpu, saringan, blender, handblender), lalu menuangkannya ke ice cube tray lalu dibekukan. Setelah beku, baru dimasukkan ke kantong penyimpanan lain atau wadah tertutup yg disetting khusus untuk disimpan di freezer.

*Berapa lama makanan bayi yg dibekukan dapat disimpan di freezer dan kulkas? *
👉Freezer: 3-6 bulan (idealnya digunakan dalam waktu 1-3 bulan) -- jika freezer terpisah 
👉Kulkas bawah (buah-buahan/sayur-sayuran): 48 jam
👉Kulkas bawah (daging, unggas, ikan, telur): 24 jam
👉Di kulkas bawah, direkomendasikan makanan bayi puree disimpan tidak lebih dari 48 jam. Batasan ini berdasarkan meminimalkan pertumbuhan bakteri dan ketahanan rasanya. Tapi wajib hukumnya untuk diicip terlebih dahulu sebelum makanan bayi diberikan kepada bayi. Aturan ini berlalu untuk sayuran, buah-buahan, daging, dll. Jika tidak direncanakan untuk dibekukan, mpasi puree homemade dibuat setiap hari, atau setiap 2 hari.

Contohnya, 1 buah ubi dipotong-potong, lalu dipanggang, kemudian 1/2 bagian tidak dibuat puree lalu dibekukan, 1/2 bagian dibuat puree. 

Keuntungan metode ice cube tray
1. Mudah memperhitungkan porsi sekali makan untuk bayi
2. Meminimalkan membuang sisa makanan.
3. Mudah menggunakannya, tinggal ambil 1 cube per jenis makanan sehingga menghemat waktu memasak.      


Catatan:               

Peralatan yg dibutuhkan tergantung dari masing-masing waktu yg dimiliki bunda untuk memasak, tapi peralatan wajib ada 
- Panci yg bisa untuk membuat bubur
- Saringan 
- Parutan keju (pisahkan untuk memarut bahan matang dan bahan mentah) 
- Panci kukusan 
- Talenan (sebaiknya dipisah untuk bahan mentah dan bahan makanan yg langsung dimakan) 
- Pisau (sama seperti talenan dipisah untuk memotong bahan mentah dan bahan langsung makan)
- Piring, mangkok, sendok yg sesuai untuk bayi
- Blender jika dibutuhkan, sebaiknya tdk digunakan untuk memblender bumbu ya apalagi bumbu yg pedas. 
Untuk peralatan lain seperti slow cooker, hand blender, ice cube tray, wadah kedap udara menyesuaikan kebutuhan masing-masing. 
Slow cooker banyak membantu untuk ibu bekerja karena bisa memasukkan bahan makanan dari malam paginya sudah siap, meskipun kekurangannya jika memakai kapasitas yg kecil, slow cooker akan teepakai sebentar saja saat usia bayi masih makan bubur. Tapi kalo memang ada budgetnya ya ga masalah, silakan saja :)                                                

Untuk tekstur, frekuensi, porsi berbeda dan bertahap tiap usia

TEKSTUR
6 bulan dimulai dg bubur lumat. Tidak terlalu cair.
Cara ngeceknya : saat sendok dimiringkan, bubur tidak lgs jatuh. Kalo terlalu cair, artinya terlalu banyak air 👉 nutrisi kurang padat. Padahal lambung bayi masih keciil.. jadi makanan yg masuk harus efektif 😀 Untuk mendapatkan bubur lumat, Sayur dan bubur disaring dg saringan kawat. Ambil ampas yg nempel di belakang saringan. Perlahan ditingkatkan kekentalannya hingga 9 bulan tidak perlu disaring lagi.

9-12 bln : makanan dicincang, nasi sudah bisa pakai nasi tim~nasi lembek. perlahan ditingkatkan hingga usia 12bln tidak perlu ditumbuk tapi cukup dicincang kasar.

>12 bln : tekstur sama dg dewasa, hanya potongan lebih kecil. Sudah bisa makan nasi 

FREKUENSI
6 bulan awal MPASI (1-2 minggu) : 2-3x makan

6-9 : 4x makan -- 2x makan besar + 2 snack
                             3x makan besar + 1 snack

9-12 : 5x makan -- 3x makan besar + 2 snack
                            -- 4x makan besar + 1 snack

>12 bln = 9-12

PORSI
6 bln awal MPASI : 1-2 sdm
6-9 bln : Mulai dari.2-3 sdm bertahap ditingkatkan  hingga 125ml
9-12 :Mulai dari 125 ml, bertahap ditingkatkan hingga 250ml
>12 bln : 250ml ++


Untuk usia 18 bulan harusnya sudah bisa makan seperti yg keluarga makan. Mungkin proses pengenalan mpasinya dulu yg bermasalah ya, sebaiknya segera dikejar kemampuannya agar sesuai dgn usianya

0 komentar: