Kamis, 10 Mei 2012

"Kalah" Sebelum Bertarung

Sebagai manusia kita hanyalah bisa merencanakan segala apa yang kita inginkan, namun, tetaplah Ia yang Maha Berkehendak atas segala sesuatu.. Begitu pula dengan saya..

Alhamdulillah, menjadi nominasi 10 besar Mawapres Undip yang diseleksi dari tahap pertama untuk dapat mengikuti seleksi tahap akhir di tingkat Universitas untuk kemudian mengikuti seleksi tingkat nasional di Jakarta. Cukup ketat memang penjuriannya. Dan saya tidak pernah menyangka akan melewati proses ini. Harus mengalahkan hati untuk mampu dan melayakkan diri berkompetisi dengan orang-orang luar biasa, orang-orang yang sejak lahir sudah tercetak sebagai orang-orang yang berprestasi. Namun, dengan segala keterbatasan saya, saya ingin mencoba..

Oke, dalam proses seleksi terjadi beberapa hal yang sempat membuat kami bertanya-tanya tentang sistem yang sedang dijalannkan. Banyak kerancuan dan ketidakjelasan..

Mulai dari jadwal seleksi di Universitas yang selalu diundur dengan alasan tidak jelas dan tidak transparan. Kemudian, yang digadang-gadang menjadi Juara 1 Mawapres Undip dan nantinya akan mewakili Undip ke Jakarta adalah angkatan 2008. Padahal, sebagian besar dari kami adalah angkatan 2009. Kekecewaan muncul di hati kawan-kawan mawapres dari masing-masing fakultas. Sedangkan, angkatan 2008 hanyalah 4 orang. Alhasil, setelah seleksi tahap awal, hanya satu orang angkatan 2008 yang lolos 10 besar. Then, what should we do??

Okelah, gapapa... cuma, apakah nantinya ketika angkatan 2008 yang diambil, apakah ia lebih baik dari yang lainnya? wallahu'alam.. Kebijakan macam apa ini? hanya karena, di tingkat Nasional rata-rata mawapres adalah angkata 2008. Kalau begitu, kenapa tidak dari awal memberitahukan kepada fakultas untuk mengirimkan angkatan 2008? Banyak yang kecewa memang..

Tapi, ya sudahlah.. Kami hanya ingin melakukan yang terbaik yang bisa kami lakukan.

Hingga breafing terakhir, panitia menyatakan bahwa seleksi tahap akhir akan diadakan tgl 14-16 Mei di Hotel La Bringin Salatiga. Tiba-tiba, kami mendapatkan surat edaran bahwasanya seleksi di undur tanggal 22-24 Mei karena ada Monev PKM... !!!??

Yap, kami mahasiswa angkatan 2009 FPP akan KKL. jadwal KKL ini sudah diperkirakan oleh PD 3 supaya tidak bertabrakan dengan seleksi Mawapres kami. Alhasil kami belum bisa berbuat apa-apa..

Sejatinya, apa relevansi Monev dengan Seleksi Mawapres?? Toh, tidak semua mawapres mengikuti Monev? Juri Monev beda dengan Juri Mawapres? Atau karena kekurangaan SDM di rektorat?

Kami butuh penjelasan karena ketidakjelasan ini...

0 komentar: