Sabtu, 25 Maret 2017

Gizi Terbaik Berawal dari Rumah


Sejak usia 6 bulan, anak sudah dapat diberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). MP-ASI buatan mama tentu yang paling baik 😉

Menurut WHO, bayi dapat diberikan makanan apaaa saja dari menu keluarga. Tentunya dengan memperhatikan keberagaman bahan, tekstur MP-ASI, takaran, dan frekuensi pemberian yang disesuaikan dengan usia bayi. Tidak lupa juga memperhatikan pemberian makan dengan cara aktif responsif, serta pengolahan dan penyajian yang higienis.

Seperti apa sih MP-ASI yang baik?
MP-ASI yang baik adalah yang memenuhi ketentuan berikut ini :

1. Bersumber dari bahan LOKAL yang terjangkau.

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki varietas bahan pangan yang sangat beragam. Tak perlu repot mencari zuchini, jika kita bisa dapatkan timun, terong, oyong segar di tukang sayur. Tak perlu bingung mengolah salmon, bila pindang bandeng buatan mama yang paling juara.

2. LENGKAP makro dan mikro nutrien

Tidak ada satupun bahan makanan "dewa" yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan bayi, sehingga hanya bahan itu yang selalu kita hidangkan. Berilah makanan KAYA RAGAM, sehingga zat gizi dan sumber nutrisi saling melengkapi.

3. BERSIH dan AMAN dari bahan berbahaya.

Pastikan bahan makanan MP-ASI anak tidak ada patogen/bakteri, tidak mengandung bahan kimia seperti pengawet, penguat rasa, pewarna sintetis yang berlebihan. Hati-hati terhadap potongan besar, duri, tulang yang menyebabkan bayi tersedak. Dan perhatikan suhu saat pemberian.

4. Tidak terlalu pedas atau asin

Mama, lidah kita berbeda dengan lidah bayi. Kurangi takaran garam, gula dan bumbu-bumbu agar tidak terlalu tajam untuk bayi  

5. Mudah Dimakan Anak

Perhatikan tekstur makanan agar mudah dimakan bayi. Tidak terlalu encer, juga tidak terlalu keras, SESUAIKAN DENGAN USIA bayi.

6. Disukai Anak

Bila ada makanan yang tidak anak suka, jangan putus asa dulu, mama. Berikan lagi padanya di lain waktu, dengan bentuk atau olahan yang berbeda. Anak seringkali butuh waktu 2, 3, atau 5 kali untuk BELAJAR menerima rasa baru dan menyukainya.

7. Mudah disiapkan

MP-ASI bisa diolah dari menu makanan keluarga, tanpa harus memasak khusus untuk bayi. Olah lagi menu keluarga agar TEKSTURnya bisa diterima bayi sesuai dengan usianya.

Selamat berkreasi memberikan gizi terbaik untuk keluarga.

#GiziTerbaikDariRumah
#HariGiziNasional
#MPASI

0 komentar: