๐๐๐๐๐๐๐
*Menjadi Sahabat Anak*
By: Dr. Sitaresmi. S.Soekanto SS. M.Psi.T
~~~~~~~~~~~~~~~
Kulwap Grup Parenting Qur'ani, 22 Maret 2017.
๐ฅ๐ฅ๐ฅ๐ฅ๐ฅ๐ฅ๐ฅ
*Model Acuan Utama* : Rasulullah SAW
⭐ Legalitas dari Allah ttg kemuliaan akhlaq Rasulullah SAW: Q.S Al Qalam:4
⭐ Kewajiban syar’i untuk meneladaninya; Q.S 33:21
⭐ Sabda Rasulullah:” Innama buitstu li utammima ma karimal akhlaq” (ุฅูู
ุง ุจุนุซุช ูุฃุชู
ู
ู
ูุงุฑู
ุงูุฃุฎูุงู): Sesungguhnya aku diutus hanyalah utk mnyempurnakan akhlaq.
⭐ Perkataan Aisyah Ra:” Kaana khuluquhul Qur’an” (ูุงู ุฎููู ุงููุฑุฃู) Akhlaq Beliau SAW adalah AlQur'an.
*Allah adalah Pendidik Utama*
๐ Rasulullah SAW: “Adaabaniy Rabbi fa ahsana Ta’diibi”: (ุฃุฏุจูู ุฑุจู ูุฃุญุณู ุชุฃุฏูุจู)
“Rabbku telah mengajariku dengan pengajaran yang terbaik”
*Karakteristik Generasi Rabbani(Q.S 5:54)*
✨Mencintai dan Dicintai Allah
✨ Lemah lembut terhadap mu’min
✨Tegas terhadap orang Kafir
✨Bersungguh-sungguh di jalan Allah
✨Tidak takut celaan orang yang suka mencela
*Karakter mulia para Nabi*
✨Qawwiyun Amin adalah sifat Nabi Musa As (Q.S 28:26)
✨Hafiizhun ‘Alim adalah sifat Nabi Yusuf As(Q.S 12:55)
✨Raufur Rahiim adalah sifat Nabi Muhammad SAW (Q.S 9:128)
*Tiga fase Pendidikan Anak(Ali bin Abi Thalib)*
✨‘Laa'ibuhum’, ajak mereka bermain. Usia 0-7 tahun
✨ ‘Addiibuhum’, disiplinkan mereka. Usia 7-14 tahun
✨ ‘Raafiquhum’, jadilah teman bagi mereka. Usia 14-21 tahun
*Beberapa cara untuk menjadi sahabat anak & remaja*
๐ฅ Menyediakan waktu. Sesibuk apapun kita harus mengalokasikan waktu jika ingin berteman dengan anak, mis dengan berdialog.
๐ฅ Kita melibatkan diri dengan hidup mereka dan bukan sekedar melihat atau menjadi pengamat
๐ฅ Jangan menunggu ada figur saingan bagi remaja yang lebih dekat dan didengar olehnya
๐ฅ Menemani dan bukan memusuhi
๐ฅ Melindungi namun bukan mengurung atau mengekangnya
๐ฅ Berdialog dan bukan monolog.
๐ฅ Berbincang dengannya dan bukan sekedar berbicara
๐ฅ Bersedia mendengarkan dengan aktif.
๐ฅ Tidak selalu memotong dan menggurui tapi juga tidak mengabaikan ketika remaja tengah bercerita
๐ฅ Bersikap Tegas namun bukan Keras dan Kasar
๐ฅ Memberi kebebasan yang proporsional
๐ฅ Menyampaikan pesan dan harapan kita secara jujur dan tulus
๐ฅ Bersedia memaafkan dan meminta maaf
(Disarikan dari buku: 11 Cara Menjadi Sahabat Anak, V. Dwiyanti)
*Tambahan Penjelasan:*
๐ Rasulullah SAW pernah bersabda: “ Didiklah anakmu karena mereka akan hidup di zaman yang berbeda dengan zamanmu”. Sabda Nabi SAW tersebut mengisyaratkan bahwa kita sebagai orang tua harus mengantisipasi perubahan zaman. Bila di masa kita masih kanak-kanak kita bisa segera takut dan menurut hanya dengan ibu kita melotot memberi isyarat, maka anak anak sekarang malah akan bertanya: “Kenapa mama melotot ma?’
Oleh karena itu pola pendidikan anak yang bersifat otoriter, satu arah dan penuh dengan indoktrinasi sulit untuk diterapkan di masa sekarang ini. Mereka membutuhkan penjelasan yang masuk akal dst untuk kemudian bisa menerima sesuatu hal yang kita sampaikan . Perubahan tekonologi informasi membuat anak kita banyak menerima informasi. Artinya informasi dari orang tuanya bukanlah satu satunya informasi. Maka kita sebagai orang tua harus bersaing dengan wacana dan informasi dari berbagai arah. Dan cara agar kita berikut informasi yang kita berikan diterima oleh anak anak kita, maka kita harus mendekat dan berusaha menjadi sahabat bagi mereka.
*Sesi Tanya Jawab*
❓Pertanyaan 1⃣:
Witri Novianty, Depok:
Bgm cara berkomunikasi/berdialog yg efektif kpd anak usia 13 thn...?
mengenai kedisiplinan & pentingnya mengenal bahaya pergaulan yg salah? tks
Sehubungan dgn karakter anak saya yg pendiam/malas klw diajak dialog๐
๐ Jawab:
Anak usia 13 tahun sudah masuk kategori aqil baligh atau mukallaf. Paling tidak jika dia belum haidh atau belum mimpi basah, maka ia masuk ke kategori murohaqah atau fase persiapan sebelum aqil baligh. Usia ini memang usia yang sensitive, terkait dengan pendisiplinan memang harusnya sudah dimulai sejak usia 7 tahun termasuk pendisiplinan soal shalat dst. Kadang kala ada juga orang tua yang memilih menyekolahkan anak di pesantren untuk mendisiplinkannya, terutama jika anaknya juga mau, tp bila orang tuanya mampu mendisiplinkanya sendiri maka hal itu lebih baik lagi. Untuk anak yang pendiam sebaiknya orang tuanya, atau saudaranya atau ia juga memiliki teman yang ceria dan banyak bicara agar ia juga terpancing ikut bicara.
*Fase2 Pendidikan Anak;*
Fase 0-7 thn fase kita mendidik sambil bermain artinya sesuaikan dg dunia bermain mereka
Fase 7-14 thn fase pendisiplinan makanya Nabi SAW mengatakan perintahkan anakmu sholat sejak mereka berusia 7 thn
Fase 14-21 adalah fase jadikan mereka sbg teman artinya ada dialog diskusi dan bicara dari hati ke hati.
Karena mereka harus dihargai sbg orang yg sdh aqil baligh.
❓Pertanyaan 2⃣
Seci olivia dari bandar lampung:
Bagaimana cara mendidik anak 3 tahun supaya kalo nanti sampai besar dia benar2 terbuka sm kita . karna pengalaman saya, saya takut cerita apa2 sm ibu dan ayah, kalo pngn curhat saya lbih nyaman sm temen
๐ Jawab:
Seci, agar anak mau terbuka dg kita maka kita harus yg lebih friendly dan terbuka juga. Dalam artian tidak mudah kaget jika mereka jujur cerita ttg sesuatu misalnya umi td aku mukul temanku.
Jangan cepat cepat bilang wah kamu nakal ya dst..tp coba pancing dulu misalnya alhamdulillah kakak cerita sama umi. Tp mukulnya gak keras keras kan...knapa kak kejadiannya gmana cerita dong sama umi.
Jd jgn langsung dihakimi... nah mgkn dia akan jwb. "hbs.. dia ngatain aku gendut."
Baru masuk nasehat kita: ' lain kali kakak bilang baik baik: aku gak suka kamu katain gendut, tp jgn mukul ya kak, dst...
❓Tp bun gimana caranya kita bersahabat sm anak tp gk bikin anak itu malah kurang ajar, maksut nya batasan sahabat nya gimana bun?
๐Jawab:
Kita dekat seperti sahabat tp saya dan ayah tetap lah orang tua nya dan harus di hormati dan di hargai. Ada saat kita menjadi sahabat ada saatnya kita harus tegas. Tahapan mjd sahabat sebenarnya utamanya jika anak kita sdh memasuki usia 14 thn ke atas.
Tetap anak tdk boleh ngelunjak melawan ..
Bersahabat tetap dalam batas norma ortu-anak.
❓pertanyaan 3⃣
Kartika, Bandung:
Apa yg hrs ortu lakukan saat mlihat anak yg msh berusia 13 thn sdh(maaf) bermasturbasi/beronani..?
๐ *Jawab:*
Kalau kasusnya sdh ada penyimpangan spt ini
Baiknya berkonsultasi dg psikolog muslim atau muslimah tuk terapi. Tp kita bisa melakukan langkah awal dg banyak mengajak keluar, jalan- jalan, makan di luar dst. Prinsipnya alihkan perhatiannya.
❓ Wajarkah klo qt memarahinya?
๐Jawab:
Jangan...
Tp coba utarakan kesedihan kita. Misalnya: "Mama sedih deh kak kalau kakak melakukan sesuatu yg dilarang agama." Lalu ajak dia pergi silaturahim dsb...
Untuk sementara jgn biarkan dia melamun sendirian...sibukkan dia dg minat dan bakatnya misalnya berolah raga atau les ketrampilan dll.
❓Anak sy klo sdh main game di hp susah sekali u disuruh berhenti.Bgm cara efektif agar dy tdk nyandu main game?trmksh.Kartika-Bdg
๐Jawab:
Sejak awal kita tetapkan rule of the game atau aturan mainnya dulu
Jadi tetapkan saja boleh main game kalau lg gak musim ujian atau lg gak ada pe er atau hari libur misalnya
Lalu batasi sekian jam kmdn suruh dia main keluar tanpa bawa hp.
Mmg perlu perhitungan matang kapan memberi anak hp.
❓Pertanyaan 4⃣
Puti, Bogor:
Bu Sita..
Saya puti dr bogor.
Saya guru. Saya menemukan kecendrungan mengajar ikhwan usia smp (kelas 7) lebih sulit daripd akhwat.
Apa iya memang begitu ? Bagaimana cara saya memotivasi mereka, krn yg saya rasakan, subhanallah, penuh tantangan luar biasa utk mengajar mrk.
Apa iya tingkat ekonomi berpengaruh ?
๐Jawab:
Iya Puti tingkat kemampuan ekonomi jelas berpengaruh pd asupan gizi mereka
Maka juga berpengaruh pada tingkat kecerdasan mereka
Selain itu memang ada perbedaan antara tingkat ketekunan anak laki-laki dan anak perempuan di usia pubertas.
Di samping juga boleh jadi tipe belajar anak laki-laki dan anak perempuan ada yang berbeda misalnya anak laki-laki cenderung banyak yang kinestetik.
Sementara anak perempuan cenderung tipe belajarnya adalah auditori dan visual
Maka tugas kita sebagai guru adalah memahami perbedaan tersebut dan berusaha memberikan pengajaran yang sesuai dengan tipe belajar mereka masing-masing.
Kalau di anak TK misalnya kita menerangkan tentang kupu-kupu maka bagi anak yang tipe belajarnya visual kita harus melayani dengan menggambar kupu-kupu
Bagi anak yang tipe belajarnya auditori kita harus memenuhi nya dengan bernyanyi lagu kupu-kupu
Sementara bagi anak yang kinestetik hendaknya kita tugas kan Iya untuk memperagakan Bagaimana terbang seperti kupu-kupu
Anak yang kinestetik tidak boleh dicap nakal tetapi dilibatkan dalam proses pembelajaran.
❓Pdkt ke anak2nya bagaimana ya bu ?
Kalo guru dgn 30 anak, pdkt nya sesuai tipe belajar sepertinya ga mungkin ya bu. Dan ini smp, pdkt nya setahu saya ga bisa seperti sd.
Kalo utk pdkt personal, masih memungkinkan, diluar sesi belajar.
๐Jawab:
Bisa puti.. artinya pada saat menjelaskan coba selalu dg alat peraga
Berupa ilustrasi gambar kemudian dg bercerita atau story telling nah kalau perlu dg pertunjukan drama misalnya pelajaran agama kisah masuk islamnya Umar
Jd secara general diterapkan semua aspek tsb
Cara pendidikan yg efektif adalah antara lain dg story telling atau dibacakan keras keras didiktekan
Untuk memenuhi kebutuhan anak kinestetik bisa saja satu kelas diajak keluar ke kebun pd saat belajar biologi
Atau anak anak kinestetik masukkan ke sekolah alam.
❓Pertanyaan 5⃣
Estu, Bogor:
Bagaimana mnjelaskan ke anak usia 9th kalau sy sedang brhalangan anak sy suka bilang, ibu mah enak ga sholat,, sy bingung mnjelaskannya bu, mksh.
๐ Jawab:
Jelaskan saja Estu..
Kita jangan menganggap bahwa anak-anak masih terlalu kecil untuk menerima penjelasan
Bilang saja bhw seorang perempuan sebulan sekali haidh yaitu keluar darah maka tdk diperbolehkan sholat
❓ Utk umur 9th kok prtanyaan suka diluar prkiraan yh bu, anak sy jg suka crita aku suka sama temen aku. [ perempuan] kira2 aku nti menikah sama dia ga ya bu,, sy kaget anak usia 9th kok sdh tahu soal menikah.
๐Jawab:
Pengaruh input media.
Tp jangan kaget karena persepsi ttg suka dan ttg menikah berbeda dg yg di benak orang dewasa.
Demikian kuliwap, semoga bernanfaat...
*Rewrited & edited by Miftah*
Ikuti kulwap patenting berikutnya dg narsum yg lain. Silakan bergabung di:
https://chat.whatsapp.com/FwXdqOmZCYM01tXtVtzdqR
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar